Home » » Peluang Bisnis Bagi Desainer Grafis dan Fotografer di Interne

Peluang Bisnis Bagi Desainer Grafis dan Fotografer di Interne

Written By Kim Tsung on Kamis, 23 Februari 2017 | 05.30



ABSTRAK

Di zaman yang serba teknologi ini banyak para pengusaha yang berpindah jalur dari usaha offline ke bisnis online. Karena disamping kemudahan akses dengan internet, bisnis online sangat melimpah dan menjanjikan. Kita bisa melakukan bisnis dimana saja dan kapan saja selagi masih terhubung dengan internet. Salah satunya adalah bisnis dibidang desain grafis.

 Sekarang ini banyak sekali para desainer grafis mencari klien dan pembeli melalui internet. Peluang ini juga didukung oleh banyaknya situs-situs yang menyediakan tempat untuk bertemu antara desainer grafis dengan pembeli/klien. Mereka para desainer grafis berlomba-lomba untuk membuat aset desain dan portofolio agar para klien tertarik. Dibawah ini saya jelaskan situs-situs yang mempunyai peluang bagi para desainer.

ISI

1. Graphicriver.com

Graphicriver.com merupakan situs anakan dari envato market. Di graphiciver.com terdapat banyak sekali kategori desain yang nantinya akan dijual. Mulai dari logo,vector, 3D grafis, icon, infograis, game assets, dan masih banyak lagi. Mendatarnya pun juga cukup mudah, anda hanya perlu mengisi data diri dll. Untuk pembayaran, graphicriver menggunakan paypal sebagai media pembayaran. Harus digaris bawahi bahwa desain anda nantinya akan direview langsung oleh phak graphicriver.com apakah siap dipasarkan atau belum. Jika memang belum siap, anda masih bisa mengirim desain lagi sampai siap dijual. 



2. Shutterstock.com

Shutterstock merupakan situs agensi mikrostok yang menyediakan tempat untuk jual beli desain, foto maupun video. File yang sudah dibeli tersebut bisa digunakan secara berulang-ulang dengan sistem royalti free namun hak cipta masih menjadi milik si pembuat. Dengan shuttersotck.com anda bisa mendapat uang secara passive income.

Sejauh ini di Indonesia pelaku bisnis “jual gambar” di mikrostock masih sangat sedikit.Belum terlalu banyak orang yang paham seberapa serius bisnis ini bisa menghasilkan uang. Berdasarkan informasi, di Indonesia tercatat baru ada sekitar 30an orang yang terdaftar di Shutterstock

3. 99designs.com

Berbeda dengan situs sebelumnya, 99designs.com merupakan situs yang menciptakan produk mereka secara crowdsourcing, yakni satu proyek ditawarkan kepada banyak orang dan pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan mendapat masukan dari beberapa orang. Melalui perusahaan ini, pelanggan dapat meminta para desainer untuk menyerahkan desain mereka dalam sebuah kontes untuk membuat produk desain seperti website, T-shirt, atau logo.

Dari beberapa desain yang diajukan, pelanggan akan memilih desain terbaik. Desainer yang terpilih akan memenangkan uang tunai. Selain model lelang kontes seperti ini, pelanggan juga dapat bekerja dengan desainer individu dengan membeli rancangan desain dari toko logo Readymade 99designs.

4. iStockphoto.com

Hampir sama dengan shutterstock.com, iStockphoto menyediakan photo,illustrator,audio, dan video. Pendaftaran iStockphoto.com lebih mudah dari shutterstock.com, tapi kualitas situs tersebut tidak kalah dengan shutterstock.




Referensi:

http://www.ruangfreelance.com/99designs/
http://creativegraphicsblog.com/ingin-tahu-bagaimana-caranya-meraup-dolar-dari-hobi-mendesain-gambar-atau-fotografi-yukjoin-shutterstock-aja.html/

0 komentar:

Posting Komentar