Home » » Peluang Bisnis dengan Menjadi Publisher Admob

Peluang Bisnis dengan Menjadi Publisher Admob

Written By Kim Tsung on Kamis, 23 Februari 2017 | 05.46

Karya Ilmiah


ABSTRAK

Hampir setiap orang mempunyai smarphone dan menggunakannya setiap hari. Dan dari smartphone tersebut pasti terspasang beberapa aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan si penggunanya. Banyak yang belum tahu bahwa dari aplikasi-aplikasi tersebut kita bisa menghasilkan uang secara pasif. Kita bisa lihat aplikasi-aplikasi tersebut di playstore atau appstore. Di dalam aplikasi itulah terdapat iklan dimana jika di klik maka developernya akan mendapat uang.

Admob merupakan salah satu layanan penyedia iklan tersebut. Kita bisa bekerja sama dengan admob agar apliksi kita terpasang iklan. Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan dibawah.

ISI

Menurut Sumber Wikipedia Indonesia AdMob adalah perusahaan iklan mobile yang didirikan oleh Omar Hamoui. Ia didirikan pada tahun 2006 dan berbasis di San Mateo, California. Pada bulan November 2009 ia diakuisisi oleh Google seharga $ 750 juta. Akuisisi ini diselesaikan pada 27 Mei 2010. Apple Inc. juga telah menyatakan minatnya untuk membeli perusahaan itu pada tahun yang sama, tetapi mereka keluar-tawaran oleh Google, dan sejak memperkenalkan platform iklan mereka sendiri yaitu iAd. Sebelum diakuisisi oleh Google, AdMob mengakuisisi perusahaan AdWhirl, sebelumnya Adrollo, yang merupakan platform untuk mengembangkan iklan di aplikasi iPhone. AdMob menawarkan solusi iklan untuk platform mobile, termasuk Android, IOS, WebOS, Flash Lite, dan semua browser web mobile standar.

AdMob adalah salah satu platform terbesar di dunia iklan mobile dan klaim untuk melayani lebih dari 40 miliar banner mobile dan iklan teks per bulan di seluruh situs Web mobile dan aplikasi handset.

Perkembangan Admob

Pernahkah anda menghitung berapa banyak Aplikasi Google android yang di unduh pengguna smartphone Google android dalam sehari Search engines Playstore? kalau secara global mungkin bisa ratusan ribu bahkan lebih. Jika Anda membuat sebuah Aplikasi serta kemudian Aplikasi Anda di unduh 1000 orang serta kemudian dimainkan secara aktif sebut saja hanya 500 orang perhari dengan sekali klik iklan berharga more than two hundred maka bisa di pastikan berapa penghasilan iklan anda lewat admob dari aplikasi yang anda buat? yes Rp. one humdred and fifty. 000 bahkan bisa lebih.

Cara Daftar Admob

Mendaftar Admob sangat mudah jika dibandingkan mendaftar Google adsense. Anda hanya menyiapkan akun gmail baru dan kemudian langsung mendaftar Google Admob.
Apabila Anda sudah mempunyai akun Google Adsense yang sudah full approve, bisa langsung mendaftar Google Admob dan nantinya anda tidak perlu lagi untuk memverifikasi PIN saat ambang 10 dollar pertama.
Jika Anda sudah siap, segera daftarkan email di Admob untuk mendapatkan akun aktif. Pendaftarannya sangat mudah, silahkan membuka situs resmi di Admob.com.

1. Langkah pertama
Untuk membuat kode iklan Admob tentunya yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dashbor akun Admob.

Iklan Admob Step 1

Dashbor akun Admob

Gambar di atas adalah salah satu dashbor akun admob.
Untuk memulai membuat kode iklan kita bisa memilih salah satu tombol yang kami beri kotak merah yaitu tab monetize, tapi untuk cepatnya kita bisa klik tombol yang di bawah monetize new app.

2. Langkah Kedua
Saat masuk pada form monetize new app anda akan menemui tampilan seperti gambar di bawah ini.

Iklan admob step 2

monetize new app Seperti yang terdapat pada gambar di atas yang Anda pilih adalah Add your app manually.

3. Langkah ketiga

Pada langkah ini kita di wajibkan mengisi nama aplikasi dan juga memilih jenis aplikasi apa yang akan kita monetize,ini menurut OS dari aplikasi yang kita buat.Lihat gambar di bawah.
Iklan Admob step 3

Isi form App name dengan aplikasi Anda yang ingin di buat.

Isi platform dengan OS aplikasi Anda,seperti yang kita ketahui Admob mensupport tiga jenis OS Smartphone yang sangat populer saat ini yaitu Android milik google, Ios milik Apple, dan Windows Phone 8 milik microsoft.

Jika Anda merupaka developer dari Android kami menganjurkan untuk segera mendaftar menjadi developer Google play store.

Anda bisa mendaftar dengan mengikuti panduan yang saya buat membuat akun google play store.
Jika Anda sudah mengisi form di atas lalu klik Add App sesuai tanda panah pada gambar di atas.

4. Langkah keempat

Perhatikan Gambar di bawah.

Iklan Admob step 4

Pada gambar di atas ada dua pilihan yang bisa kita pilih.

Kami menyarankan untuk memilih pelihan pertama yaitu Creat a NewTracking ID.Kenapa?,karena pada pilihan ini kita bisa untuk melakukan monitoring kinerja iklan yang kita pasang pada aplikasi.
Sedangkan pilihan yang kedua kita tidak akan bisa menganalisa kinerja dari iklan yang kita pasang, berapa impressi iklan maupun jumlah klik, hal ini sangat penting.
menurut kami monitoring iklan bagi publisher adalah hal yang sangat wajib, dengan monitoring iklan secara tidak langsung akan memberikan gambaran bagaimana kinerja aplikasi kita.
Tetapi sebelumnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mengaitkan akun Admob dengan akun Google Analityc.
Jika sudah pilih save.

5. Langkah kelima


Pada gambar di atas ada kode yang saya beri kotak merah.
Itu adalah kode dari tracking ID google analityc dari aplikasi kita,kode itu muncul di kraenakan kita memilih Creat a NewTracking ID pada langkah keempat tadi.
Form “Select ad format and name ad unit” ini sebetulnya kita memiliki tiga pilihan jenis iklan yang bisa kita buat, yaitu banner ads, interistial ads, dan rewarded interistial ads.
Tetapi untuk kali ini kami akan mencontohkan jenis banner ads, kita mengambil mudahnya saja. Karena resiko menggunakan jenis iklan ini hampir tidak ada.
Karena untuk pemasangan Interistial Ads mengikuti kebijakan khusus,beberapa kali teman developer sharing tentang penempatan iklan interistial yang tidak sesuai dengan TOS google, yang mengakibatkan suspended aplikasi di Play store.

Misalnya pemasangan iklan Interistial pada tab pengaturan/setting pada game.
Hal ini karena sifat iklan interistial yang khusus juga, yaitu memenuhi halaman smartphone User.
Berbeda dengan Banner Ads yang muncul hanya di bagian atas dan bawah aplikasi.
Pada gambar di atas ada 4 poin yang saya tandai dengan nomor.berikut penjelasannya  :

1.  Ad type, yaitu tentang jenis iklan banner yang akan kita munculkan.

Pada dasarnya ada dua pilihan yang bisa kita pilih untuk iklan banner ini yaitu berbasis teks dan berbasis gambar.
Kita bisa memilih salah satu atau dua-duanya sekaligus dengan cara mencentang check box yang telah di sediakan.
Pihak Admob sendiri menyarankan untuk memilih keduanya untuk di tampilkan pada aplikasi publisher.

Di bawah ini pernyataanya :


2. Automatic refresh, poin ini sebagai indikasi seberapa sering iklan baru akan muncul secara general.
Waktu yang di sediakan oleh pihak Admob adalah 30-120 detik tetapi mereka rekomendasikan waktu yang terbaik untuk auto refresh iklan adalah 45-60 detik.


Saya sendiri lebih suka waktu 60 detik,tetapi tanpa alasan khusus kenapa saya mensetting waktu auto refresh seperti itu.Hanya karena secara default settingan sudah seperti itu, jadi saya tidak perlu mengubah apapun.

3. Text ad style, ini adalah poin untuk menentukan gaya jenis iklan yang ingin Anda tampilkan.
Kita akan di beri dua pilihan yaitu standard dan customized.
Untuk standard iklan akan ditampilkan secara default oleh Admob.
Sedangkan untuk Customized Anda bisa memilih sendiri warna dari iklan yang akan muncul,dengan ini kita bisa menyesuaikan dengan tema aplikasi kita.


Yang bisa kita kustomisasi adalah Background (latar belakang), Border(Bingkai), Title(judul), Text(tulisan), dan URL(link du bawah tulisan).
Bisa saja Anda untuk melakukan percobaan dari tampilan iklan Anda,dengan cara kustomisasi.Selanjutnya evaluasi hasil dari percobaan Anda.

4. Ad unit name, nama iklan Anda.

Anda bebas saja untuk mengisi nama iklan bisa dengan nama aplikasi atau urutan iklan yang telah dibuat misal ads1, ads2, ads3 dan lain-lain.
Setalah mengisi 4 poin di atas klik save.

6. Langkah keenam

Silahkan salin kode iklan tadi ke projek aplikasi android yang sedang anda buat.


Referensi :
http://www.panduan-belajar-admob.com/2016/10/apa-itu-admob.html
http://admob.com

0 komentar:

Posting Komentar